Resep Puding Puyo Coklat Untuk Jualan

07.44
Bicara tentang puding puyo, puding nan lembut  di mulut dengan rasa manisnya yang pas ini memang banyak disukai masyarakat segala usia. Puding puyo memiliki  gerai tersendiri yang biasanya ada di pusat perbelanjaan, namun sebenarnya tanpa harus membeli anda juga bisa mendapatkan puding puyo ini dengan membuatnya sendiri di rumah. Bahannya sangat simpel serta terjangkau dan pembuatannya juga sederhana.

Bahan Resep Puding Puyo
  • 15 gram bubuk jeli, atau bila ingin hasil puding jadi sangat lembut serta lumer ketika disantap jumlahnnya dikurangi  8-10 gram bubuk jeli saja. Sedangkan untuk rasanya bisa menyesuaikan selera anda. Sebagai contoh dipilih rasa cokelat.
  • 6 sendok makan gula pasir.
  • 2 sendok makan tepung maizena, pastikan tepung yang anda pilih masih fresh dan tak berbau.
  • Kurang lebih 1100 mili liter susu sapi murni cair, pilihan lainnya ganti sebanyak 250 ml dari jumlah susu dengan susu kedelai supaya  gizinya lebih kompleks.
  • Satu bungkus vla instan.  Pilih rasa cokelat untuk menyesuaikan dengan rasa jeli yang dipilih.
  • 200 mili liter air panas.
Bila semua bahan di atas sudah siap, sekarang masuk dalam tahap pembuatannya, perhatikanlah tiap tahapan dan petunjuk yang ada misalkan dalam memperlakukan vla, tepung maizena, atau sisa adonan vla dalam panci saat menunggu sebagian adonan lainnya didinginkan.

Cara Membuat Resep Puding Puyo
  1. Mula-mula siapkan vla nya terlebih dahulu. Vla dibuat lebih dulu supaya susunya bisa dingin dan mengental  sebelum digunakan. Caranya larutkan vla dalam 200 ml air panas, kemudian sisihkan, setelah suhunya agak mendingin bisa juga dimasukkan dalam kulkas (bukan freezer) supaya lebih kental.
  2. Setelah vla siap sekarang masuk dalam pengolahan puding. Tuang susu cair seluruhnya dalam panci untuk memasak puding, sisihkan 3 sendok makan untuk melarutkan tepung maizena.
  3. Siapkan wadah lain, larutkan maizena dengan susu tadi. Tepung ini perlu dilarutkan terlebih dahulu sebelum dicampur supaya nanti bisa mudah larut dan tak  bergumpal sama sekali dalam rebusan susu. Setelah cair campurkan dalam susu yang di panci tadi
  4. Masak susu di atas api kecil sedang, sama halnya merebus santan kelapa,  jangan lupa untuk terus mengaduk agar susu supaya tak pecah.
  5. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil diaduk. Setelah rasa manisnya pas menurut anda tidak harus sesuai jumlah dalam resep puding puyo ini. Bisa ditambah atau dikurangi gulanya.
  6. Setelah mendidih tuang cairan puding dalam beberapa buah cup, kira-kira setengah bagiannya dulu, selanjutnya masukkan cup puding ini dalam kulkas supaya dingin dan mengeras jadi ketika vla dicampurkan bisa ada di atas lapisan puding bukannya tercampur bersama. Jangan lupa menutup adonan puding yang masih ada dalam panci, hal ini bertujuan supaya permukaan sisa adonan tidak mengeras atau berkulit.
  7. Setelah cukup keras tuang 2 sendok makan vla di atas lapisan puding, lakukan sampai adonan vla habis, dilanjutkan dengan menuangkan sisa adonan puding sampai cup hampir penuh.
  8. Diamkan mendingin, lalu masukkan dalam kulkas supaya lebih sedap saat disantap.
Resep puding puyo kini siap dihidangkan, resep ini memang sederhana namun mampu menciptakan puding puyo lezat yang tak kalah dengan yang dijual dipusat-pusat perbelanjaan. Selamat mencoba.
Previous
Next Post »