Cara Mudah Kuatkan Otot Ligamen Pasca Cedera Lutut

15.07
Lutut memang merupakan sala satu bagian tubuh yang kadang mengalami berbagai masalah. Mengingat perannya yang cukup penting, tentunya Anda akan merasa terganggu jika bagian organ lutut Anda mengalami cedera. Sebenarnya bagaimana sih cara menguatkan otot ligamen pasca cedera lutut? Berikut beberapa cara sederhana memperkuat otot ligamen yang bisa Anda lakukan.

Menaikkan Kaki dengan Lurus
Apabila bagian lutut Anda sedang dalam kondisi yang kurang sehat, maka Anda bisa melakukan beberapa gerakan sederhana yang bermanfaat untuk mengembalikan kekuatan otot ligamen. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu berbaring pada lantai yang datar. Kemudian tekuk salah satu kaki yang tidak mengalami cedera.

Setelah itu, angkat dan turunkan lutut yang cedera dalam keadaan yang lurus. Lakukan gerakan ini selama 10 hingga 15 kali. Latihan sederhana yang satu ini ternyata juga mampu membantu memperkuat otot ligamen Anda yang mengalami cedera.

Berjinjit
Mulailah gerakan yang satu dengan cara berdiri tegak dengan menggunakan dua kaki. Pastikan beban tubuh Anda bertumpu pada kaki bagian belakang. Kemudian peganglah kursi untuk membantu Anda membatu keseimbangan. Setelah itu, angkatlah kaki yang tidak mengalami masalah agar beban bertumpu pada kaki yang mengalami cedera.

Meskipun mungkin agak sakit, namun latihan yang satu ini juga sangat efektif untuk membantu menguatkan otot ligamen Anda. lakukan secara perlahan namun pasti, jangan terlalu memaksakan untuk melakukan gerakan ini. Lakukan sesuai dengan kemampuan Anda dan ulangi gerakan yang satu ini kurang lebih 10 kali dalam 2 set.

Melakukan Hamstring Curls
Apa sih sebenarnya hamstring itu? Hamstring merupakan otot belakang paha Anda. Cara melakukan gerakan hamstring curls cukup mudah, Anda hanya perlu berbaring di lantai dalam keadaan tengkurap. kemudian angkatlah kaki Anda yang mengalami cedera lutut mendekati area bokong secara perlahan. Tahan posisi ini dan lakukan kurang lebih 15 kali selama 3 set.

Melakukan Lunge
Langkah pertama mulailah dengan menaruh salah satu kaki ke bagian belakang selebar mungkin. kemudian turunkan kaki yang berada di depan hingga bagian lutut menyentuh lantai. Lakukan gerakan yang satu ini selama kurang lebih 10 kali dalam dua set. Gerakan latihan yang satu ini dilakukan dengan cara posisi kaki yang cedera berada di bagian depan.

Menekan Kaki
Ada banyak sekali alat yang penekan kaki yang bisa Anda gunakan di tempat gym. Alat-alat tersebut memiliki cara kerja yang hampir sama. Anda hanya perlu berbaring di atas kursi dan buka kaki selebar bahu. Pastikan kaki Anda membentuk sudut 90 derajat. Kemudian secara perlahan luruskan kaki Anda.

Itulah beberapa latihan yang bisa Anda lakukan pasca cedera lutut. Meskipun begitu perlu untuk diperhatikan bahwa latihan di atas tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Gerakan latihan di atas tidak akan menyebabkan rasa sakit. Jadi, jika Anda mengalami merasa kesakitan, segera hentikan dan hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Previous
Next Post »