Cara Memperbanyak ASI karena Saluran ASI Tersumbat

16.39
ASI merupakan cairan yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. Pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan bayi tersedia dalam ASI. Bagi ibu yang memilki bayi yang baru lahir, ASI yang tidak keluar akan jadi masalah. ASI yang tidak keluar tersebut dapat disebabkan oleh saluran ASI yang tersumbat. Berikut cara memperbanyak ASI karena saluran ASI yang tersumbat.

1. Kompres dengan Air Hangat
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengompres payudara yang sakit dengan menggunakan air hangat. Cara tersebut harus diperhatikan, dengan memastikan kodisi air benar hangat dan jangan terlalu panas karena dapat menimbulkan kulit iritasi.

2. Memijat Payudara
Setelah dikompres dengan air hangat, cara selanjutnya adalah dengan memijat payudara. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan pemijatan pada bagaian pangkal payudara, kemudian dilanjutkan dengan menekan dinding payudara dengan menggunakan dua jari yakni jari tengan dan jari telunjuk.
Kemudian setelah ditekan, lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudar selama 30 detik dan lalu gerakan memutari payudara hingga menuju puting seperti layaknya bentuk dari obat nyamuk. Lakukan hal tersebut hanya pada pangkal menuju ting bukan sebaliknya. ASI akhirnya akan bertambah dan dapat juga untuk memperlancarnya.

3. Menyusui Terus
Cara memperbanyak ASI yang dapat dilakukan pada saat saluran tersumbat adalah dengan menyusui terus. Hal ini dilakukan dengan posisi dagu bayi mengarah ke bagian yang tersumbat, walaupun nantinya posisi Anda terus berubah dan mencoba untuk bereksperimen dengan berbagai posisi menyusui yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

4. Perah atau Pompa
Anda harus mengosongkan payudara pada saat saluran ASI tersumbat. Setelah Anda menyusui bayi Anda, perah dan pompa sisa ASI yang masih terdapat pada payudara. Anda tidak perlu khawatir dengan berapa banyak yang Anda dapatkan. Tujuan yang ingin diharapkan pada proses ini adalah untuk dapat membuat saluran lancar kembali.

5. Rendam dengan Air Panas
Setelah Anda melakukan pengompresan pada payudara, Anda dapat merendamnya di dalam air panas ataupun hangat. Dalam proses ini, gunakanlah baskom ataupun wadah yang sejenis dan mengisinya dengan air panas maupun air hangat. Namun, Anda harus berhati-hati karena air tidak boleh terlalu panas. Kemudian celupkan payudara yang terasa sakit ke dalamnya.

6. Istirahat
Kegiatan yang paling penting untuk dilakukan pada kondisi seperti ini adalah istirahat. Anda yang mengalami posisi seperti ini jangan sampai lupa untuk beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan mempengaruhi sistem kekebalan ada tubuh Anda, sehingga dapat meminimalisir terganggunya fungsi ada payudara untuk memproduksi ASI.

Kegiatan di atas sebaiknya dilaksanakan bagi Anda yang mengalami masalah tersumbatnya saluran untuk mengeluarkan ASI. Saluran yang baik akan memberikan ASI cukup bagi bayi untuk tumbuh kembang bayi tersebut. Untuk mengetahui cara memperbanyak ASI yang lain dapat dilihat pada situs orami.co.id.
Previous
Next Post »